FE

FE

Jumat, 04 April 2014

E-Commerce VS E-Business


Disusun Oleh:
-MARANATHA AGUSTINA
-HOTMAVICA NATALIA      
Merancang suatu sistem dari bisnis modern
    E- Commerce  vs E- Business


Tujuan ( objective)
Perbedaan
Tujuan e-commerce:  money oriented (berorientasi pada perolehan uang),

Tujuan e-business : berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.

Persamaan e-commerce dan e-business
1. Memajukan perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.

2. Terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing.

3.Sarana mempromosikan produk melalui media Internet.

4. Sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik. Dengan berbasiskan internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang telah ditentukan.

5. Untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia , Keuangan, Supply Chain Management / Logistic Management. 

Tahapan dalam evolusi e – Commerce :
1.Brochurware

2.Customer Interactivity

3.Transaction Enabler

  a. Mekanisme pembelian oleh konsumen

  b. Mekanisme perusahaan dengan rekanan bisnisnya

4. One – to – one Relationship

Target E-Business & E-Commerce : 

Meningkatkan kinerja operasional perusahaan.

Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok & pendanaan yang luas

Meningkatkan efisiensi perusahaan.

Mempermudah pengelolaan asset perusahaan.

Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.

Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholders.

Mengatasi kesenjangan digital.

Media mempromosikan kompetensi perusahaan.

Memperlancar transaksi bisnis.

Sarana penyebaran informasi secara luas.

Identifikasi kebutuhan E-Commerce:
Analisis Kebutuhan Fungsional:

1.Admin

2.Konsumen

3.Karyawan


Analisis Kebutuhan Non-Fungsional

1.Kebutuhan Perangkat Keras (Hardware)

2.Kebutuhan Perangkat Lunak (Software)

3.Brainware

Proses dalam E- Commerce: 

1. Mekanisme Transaksi E-Commerce 
Menggunakan fasilitas shopping cart. Shopping cart adalah sebuah software disitus web yang mengijinkan pelanggan untuk melihat toko yang anda buka kemudian memilih item barang untuk diletakkan dalam kereta dorong dan kemudian membelinya saat melakukan check out.

2. Metode pembayaran transakis E-Commerce
Online Procesing Credit Card
Money Transfer
Cash on delivery

  Planning and Scheduling

Tahapan perencanaan pada E-Business
Memahami permasalahan yang muncul dan mendefinisikan secara rinci.
Merumuskan kasus-kasus bisnis yang ingin diselesaikan
Mengestimasi total investasi yang akan disediakan
Rencana yang konkrit.

  Sketsa
 Permodelan

9 model e-commerce beserta sistem kerjanya:
1.Model Fisik
2.Model Naratifmunikasi.
3.Model Grafis
4.Model Matematis
5.Business to business (B2B)
6.Consumers to Business (C2B)
7.Consumers to Consumers (C2C)
8.Government to Citizens (G2C)
9.Mobile Commerce

Desain dan Gambar Model




1. Membuat layout desain
                Setelah sketsa sudah jadi, kita menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustator, Macromedia Fireworks, dan Macromedia Freenhand untuk memperhalus sketsa.
2. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil
                Setelah layout, desain homepage sudah jadi, file gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis menjadikannya kedalam format html. Langkah ini dapat dilewatkan bila ukuran gambar tidak terlalu besar.
3. Membuat Animasi
                Animasi dibutuhkan untuk membuat hidup hompage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan SwisMax dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.

  Planning and Design Report

 



1. Registration of online customers
                Pengunjung bisa melakukan pembelian dan menikmati jasa yang ditawarkan setelah melakukan registrasi, sehingga akan terbuat profil accoount.
2. Customer Profiles and Customer Administration
                Data pelanggan akan disimpan didatabase yang sebelumnya sudah diisi oleh pelanggan ketika melakukan pendaftaran.
3. Product Catalog  with catalog listing
                Semua layanan produk disimpan dikatalog, semua yang berhubungan dengan harga termasuk diskon penjualan khusus ke pelanggan khusus dapat diatur.
4. Offering and ordering
                Penawaran dan pembelian dapat dilakukan melalui website yang nantinya akan diproses.
5. Models of payment
                Jika pelanggan puas dengan harga dan syarat ketentuan pengiriman bisa dilakukan pembayaran dengan berbagai macam metode.
6. Shipment Option
                Pilihan yang diberikan kepada pelanggan untuk melakukan jasa pengiriman.

Implementasi 
◦          Penggunaan paket aplikasi 
◦          Pengembangan oleh staf sendiri atau karyawan yang ingin membuat 
◦          Kerjasama dengan pihak luar, consultant 
◦          Software house (outsourcing)

Post Implementation Evaluation
◦          Kuisioner
◦          Customer Service
◦          Kotak Saran

Evaluasi Tiap Fase
          Membuktikan /uji coba sistem ynag seleai disusun.
◦          Memastikan bahwa sistem tersebut benar
◦          Karaketristik harus sesuai
◦          Tidak ada kesalahan yang terkandung didalamnya.
Evaluasi Perangkat Keras
◦          Kemampuan harus meliputi kecepatan proses dan distribusi
◦          Berapa besar biaya untuk mengoperasikan dan tahap perawatan sistem
◦          Kompatible perangkat keras dari sistem yang dibuat
◦          Berapa lama perangkat keras/sistem bertahan.
◦          Komputer yang digunakan harus memperhatikan faktor ergonomik
◦          Keandalan jaringan komputer yang dibangun.

Succes Story
E-Commerce :
◦          Menyediakan harga kompetitif
◦          Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah
◦          Menyediakan informasi, barang dan jasa yang lengkap dan jelas
◦          Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon
◦          Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan.
◦          Mempermudah kegiatan perdagangan.
◦          Efisiensi dan efektivitas dalam proses pemasaran
◦          Meningkatkan daya saing perusahan
◦          Pertukaran data atau informasi menjadi lebih mudah
◦          Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produknya yag sulit dicari atau jauh dari tempat tinggal

2 komentar:

  1. bagus banget... bener bener bagus.. thx yah infonya.. nadia

    BalasHapus
  2. Hi all good lecturing please keep it and forward to your mate ,please access to this blog and add your comment . ok !

    BalasHapus